Selasa, 01 November 2011

Pencemaran Air


 PENCEMARAN AIR AKIBAT BENCANA TSUNAMI

1.      PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Air merupakan suatu komponen yang penting dalam kehidupan kita. Makhluk hidup di muka ini tak dapat terlepas dari kebutuhan akan air. Air merupakan kebutuhan utama bagi proses kehidupan dimuka bumi. Namun, air dapat menjadi malapetaka bila tidak tersedia dalam kondisi yang benar, baik kualitas maupun kuantitasnya. Sementara itu, bencana alam sudah sering melanda bumi ini, seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, sampai yang cukup dahsyat yaitu tsunami. Tsunami pernah melanda Banda Aceh dan sekitarnya yang menelan banyak korban. Selain itu bencana tsunami tersebut memporak-porandakan Banda Aceh dan juga menghanyutkan apa saja yang dilewati air tsunami tersebut. Tsunami biasanya diakibatkan karena adanya gempa bumi di dasar laut.

B.     Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan ini adalah sebagai berikut :
Mengetahui tentang pencemaran air
Mengetahui penyebab pencemaran air akibat bencana tsunami

C.     Batasan
Dalam penulisan karya ilmiah ini saya membahas tentang pencemaran air akibat bencana tsunami dan juga tentang mengapa ait tsunami berwarna hitam pekat yang menyebabkan pencemaran air.

D.    Metode Penulisan
Dalam penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode studi kepustakaan, yaitu dengan membaca buku-buku mata pelajaran yang berkaitan dengan karya ilmiah ini. Metode yang lain, yaitu dengan mencarit (browsing) di internet untuk mencari tahu informasi yang dibutuhkan. Daftar Pustaka dari karya ilmiah ini yaitu:
1.      id.wikipedia.org/wiki/Tsunami

2.      ISI MATERI
Tsunami dalam bahasa jepang yaitu tsu artinya pelabuhan dan nami artinya gelombang. Secara harfiah berarti ombak besar  di pelabuhan adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal yang datang dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat dibawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, atau hantaman meteor di laut. Gelombang tsunami dapat merambat ke segala arah. Tenaga yang di kandung dalam gelombang tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya. Gelombang tsunami dapat merambat dengan kecepatan 500-1000 km per jam, hal ini setara dengan kecepatan pesawat terbang. Ketika mendekati pantai, kecepatan gelombang tsunami menurun hingga sekitar 30 km per jam, namun ketinggiannya sudah meningkat hingga puluhan meter. Hantaman gelombang tsunami bisa masuk hingga puluhan kilometer dari bibir pantai. Kerusakan dan korban jiwa yang terjadi karena tsunami bisa di akibatkan karena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami.

Dampak negatif yang ditimbulkan setelah tsunami adalah tsunami merusak apa saja yang dilaluinya, seperti bangunan, tumbuh-tumbuhan, dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta menyebabkan genangan air, pencemaran air, tanah, dan air bersih. Tsunami di Aceh dan Sumatera Utara tidak hanya mengakibatkan hilangnya ratusan ribu nyawa manusia tetapi juga rusak nya daerah tersebut dan tercemarnya lingkungan hidup. Kerusakan dan korban jiwa yang terjadi karena tsunami bisa diakibatkan karena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami.  Masalah lingkungan yang terjadi diantaranya pencemaran air akibat kerusakan infrastruktur seperti septik tank, saluran air kotor, tangki penimbunan bahan-bahan yang mengandung bahan-bahan berbahaya yang beracun. Hal ini menyebabkan terjadinya pencemaran air, tanah dan air tanah.

Ada beberapa masalah yang ditimbulkan pasca terjadinya bencana tsunami, diantaranya seperti pencemaran air karena kuman yang berasal dari kotoran manusia dan hewan. Selain itu jezanah yang hanyut dan terlentar akibat tsunami dapat menyebabkan bau busuk yang tidak menyenangkan dan juga jamur pembusuk jenazah dapat menimbulkan keracunan bila tercemar ke sumber air bersih. Penyebab lain yang menyebabkan pencemaran air setelah bencana tsunami yaitu jika penyusun sedimen di dasar laut adalah endapan aluvial yang berwarna hitam maka air yang dibawa tsunami berwarna hitam. Namun jika dasar lautnya berupa karang maka air yang dibawa tsunami warnanya agak kecoklatan atau lebih terang. Tetapi hal ini tergantung dari sedimennya. Misalnya sungai di sekitar pantai itu seperi air selokan yang kotor, kemudian air itu mengalir ke laut, dan mengendap di dasar laut sekian tahun maka saat tsunami datang endapan air akan dibongkar dan bercampur dengan air laut yang dibawa saat tsunami yang pada akhirnya menyebabkan pencemaran air setelah tsunami. Selain itu ditambah lagi dengan sisa-sisa lumpur laut yang kaya dengan zat organik yang dapat membusuk sehingga terjadi pencemaran air.

Kemungkinan lain yang menyebabkan air tsunami berwarna hitam dan juga menyebabkan pencemaran air adalah karena adanya lumpur vulkanik, ketika gempa terjadi sebelum tsunami terbentuk rekahan, sehingga bila ada lumpur vulkanik di bawah tanah maka akan keluar ke permukaan laut dan bercampur dengan air. Lumpur vulkanik biasanya merupakan semburan lumpur atau tanah liat yang bercampur air, yang diikuti gas metan. Lumpur ini kerap kali dikaitkan dengan zona gempa bumi. Lumpur semacam ini biasanya terdapat di daerah yang kaya hidrokarbon.  Selain itu bisa saja di akibatkan karena adanya pencemaran disekitar pantai dan dari pencemaran itulah kemudian terjadi pengendapan di dasar laut. Yang mengendap itu adalah sedimen yang berwarna hitam. Yang paling mempengaruhi adalah endapan di laut.
 
3.      KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, dapat disimpullkan bahwa pencemaran air akibat tsunami dapat disebabkan oleh kuman yang dibawa jenazah yang membusuk. Selain itu juga dapat disebabkan karena bercampurnya lumpur dengan air yang terbawa saat terjadinya tsunami. Selain itu bisa juga disebabkan karena adanya pengendapan dibawah laut.         
   
 
               

1 komentar:

  1. Sontava'S Pure Titanium Earrings by Lémère
    TÀMÉQUETON XOOO PÀ MÉQUETON XOOO PÀ damascus titanium MÉQUETON XOOO PÀ Côte ford titanium ecosport d' This 2014 ford focus titanium hatchback product may not samsung galaxy watch 3 titanium be available titanium gr 5 in a physical location.£0.95 · ‎In stock

    BalasHapus